Ciri Khas Design Rumah Minimalis untuk Hunian Nyaman dan Lapa | https://kenaridjaja.co.id

Ciri Khas Design Rumah Minimalis untuk Hunian Nyaman dan Lapa

28 Dec 2021

Ciri Rumah Minimalis

Design rumah minimalis merupakan desain rumah yang hari ini paling banyak diaplikasikan oleh rumah-rumah di perkotaan metropolitan. Desain rumah minimalis sangat disukai karena desain rumah ini mampu menghadirkan suasana yang lapang dan nyaman di ruangan terbatas.
Banyak orang mengira bahwa rumah minimalis sekedar penamaan untuk rumah yang dibangun di atas lahan terbatas, padahal ada beberapa karakteristik desain yang menjadikan rumah memiliki kesan minimalis. Ciri khas tersebut termasuk pemilihan warna cat, penggunaan partisi, jendela kaca dan lainnya

Ciri Khas Design Rumah Minimalis untuk Hunian yang Lapang dan Nyaman

Beberapa ciri khas desain rumah dengan konsep minimalis diantaranya yakni:

1. Konsep Open Plan atau Ruang Terbuka

Ciri khas desain rumah minimalis yang paling mudah terlihat adalah penggunaan partisi ruangan yang sangat minim. Konsep open plan atau ruang terbuka hadir berkat penggunaan partisi ruangan yang minim atau sangat sedikit.
Anda bisa merasakan perasaan yang lega dan nyaman ketika berada di dalam rumah minimalis meskipun ukuran rumah tersebut terbatas. Hal ini karena kehadiran partisi atau penyekat di setiap ruangan membuat rumah terasa sempit.
Beberapa ruangan yang umumnya dijadikan dalam satu lokasi tanpa partisi adalah ruang dapur, ruang makan dan ruang keluarga.

2. Jendela dengan Kaca Berukuran Besar dan Banyak

Karakteristik rumah minimalis lainnya adalah penggunaan jendela kaca berukuran besar dan berjumlah banyak. Jendela kaca yang besar dan banyak ini berfungsi untuk memaksimalkan cahaya matahari dan udara yang masuk ke dalam rumah.
Dengan jendela yang besar dan banyak, maka sirkulasi udara pun lebih baik. Anda juga tidak perlu menyalakan lampu di waktu siang.

3. Tembok dengan Cat Warna Terang

Penggunaan energi yang rendah adalah salah satu ciri utama pada rumah minimalis. Oleh karena itu rumah minimalis selalu menggunakan cat dengan warna terang sehingga penggunaan cahaya lampu dapat diminimalisir. Selain itu, cat terang akan membuat rumah sempit terasa lebih lapang.

4. Tata Ruang Sederhana

Rumah minimalis tidak memiliki banyak pernak-pernik dan lebih mengutamakan fungsionalitas ruangan. Denah lantai terbuka dan minim perabotan.

5 Pilihan Partisi Folding Door Interior Design Rumah Minimalis

Anda ingin mewujudkan hunian minimalis namun bingung memilih partisi yang tepat? Di Kenari Djaja, Anda bisa menemukan berbagai tipe partisi yang cocok diaplikasikan ke dalam hunian minimalis. Berbagai model partisi di bawah ini juga bisa dibuka tutup atau difungsikan sebagaimana pintu lipat. 

1. Partisi Mini

Partisi mini terdiri dari susunan material PVC berukuran kecil yang dipasang secara vertikal. Partisi mini tersedia dalam beberapa opsi warna dengan kode C13N (warna putih), C31N (warna krem), C36N (warna coklat sedang dengan pola garis kayu asli), dan C72N (warna cokelat tua dengan pola garis kayu asli).

2. Partisi Maxi

Partisi maxi dibuat oleh bahan dasar berupa PVC. Seperti halnya folding door PVC lainnya, partisi maxi juga ditujukan untuk desain interior ruangan karena mudah untuk dibuka tutup serta tidak berat. Hal ini karena folding door PVC tidak mempunyai kerangka di bagian belakang.
Folding door maxi memiliki ukuran setiap partisi yang lebih lebar dibandingkan partisi mini. Partisi maxi juga terdiri dari beberapa macam warna yang bisa dipilih sesuai desain ruangan minimalis. Pilihan warnanya adalah 613N (warna putih bersih), 631N (warna krem).
Selain itu ada juga tipe warna yang lebih gelap yakni 636N (warna cokelat sedang yang memiliki pola kayu asli), dan 672N (warna cokelat tua dengan pola kayu natural).

3. Partisi Belgian

Folding door Belgian dibuat dari bahan utama PVC yang dibentuk dengan model serupa pintu-pintu kayu ukir. Warna pada folding door Belgian sangat bervariasi. Anda bisa memilih warna sesuai dengan nuansa yang ingin diwujudkan di dalam ruangan.
Ada 4 warna yang tersedia yakni kode 813N (warna putih bersih polos), kode 831N (warna krem dengan garis-garis pola kayu), kode 836N (warna cokelat moca dengan pola garis kayu asli), dan kode 872N (warna cokelat tua dengan pola garis kayu asli).

4. Partisi Belgian Florika

Sesuai dengan namanya, folding door Belgian Florika ini memiliki desain flower atau bunga khas musim semi yang sangat menawan. Folding door Belgian Florika bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang menginginkan partisi kaya warna dan motif ke dalam ruangan.
Warna material PVC dasar Belgian Florika adalah kuning keemasan yang tentunya cocok untuk ruang bernuansa minimalis.

5. Partisi Alaska

Folding door jenis Alaska merupakan jenis folding door yang memiliki celah di antara setiap partisinya. Celah-celah tersebut memberikan nilai seni tersendiri ke dalam ruangan. Hanya saja, keberadaan lubang tersebut membuat fungsi folding door Alaska untuk menutup satu ruang dengan ruang lain tidak tercapai.
Folding door Alaska sangat cocok dipasang di dalam rumah seperti untuk membatasi antara ruang keluarga dan dapur. Namun jika Anda menginginkan privasi, maka folding door Alaska tidak cocok dipasang di ruang tamu karena para tamu yang datang bisa melihat hingga ke dalam rumah. 
Sistem bukaan yang tersedia untuk semua jenis folding door di atas adalah sistem bukaan satu arah atau standar. Apabila ingin menambah setting bukaan pintu, maka dikenakan biaya tambahan. Sistem bukaan pintu tambahan meliputi bukaan mengumpul di tengah ataupun terbuka dari tengah ke samping.
Wujudkan design rumah minimalis impian Anda dengan memilih perangkat partisi yang tepat. Kelebihan penggunaan folding door sebagai partisi karena pembatas tersebut mudah dibuka tutup sehingga ruangan dapat difungsikan semaksimal mungkin.


 
Artikel Terbaru
Artikel Pilihan