Wajib Tahu, Berikut Jenis-Jenis Engsel Pintu dan Fungsinya | https://kenaridjaja.co.id

Wajib Tahu, Berikut Jenis-Jenis Engsel Pintu dan Fungsinya

28 Dec 2021

Jenis Jenis Engsel berdasarkan fungsinya

Engsel pintu merupakan bagian dari pintu yang berfungsi untuk menghubungkan dua objek padat yakni antara bingkai pintu dan juga daun pintu. Engsel pada pintu merupakan poros mekanik yang memungkinkan bingkai pintu memutar dengan sudut yang terbatas antara keduanya.
Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa engsel memainkan peranan penting terhadap setiap bagian dalam bangunan dan juga perabotan rumah tangga. Ada banyak perangkat keras yang membutuhkan kehadiran engsel mulai dari pintu, jendela, gerbang, lemari, kulkas dan sebagainya. 

Mengenal Jenis Engsel Pintu dan Fungsinya

Berikut beberapa jenis pintu lengkap dengan fungsi utamanya:

1. Engsel Jenis Kupu-Kupu


Engsel jenis kupu-kupu dibuat dari bahan logam yang berukuran tipis sehingga biasanya hanya digunakan pada pintu yang berbobot ringan. Engsel untuk pintu berjenis kupu-kupu digunakan untuk menghubungkan antara bingkai pintu yang ringan dengan daun pintu.
Karena engsel kupu-kupu ini idealnya hanya digunakan pada bingkai pintu yang ringan, biasanya engsel ini dipasang di pintu berbahan kayu ringan, aluminium dan uPVC Engsel pintu berjenis kupu-kupu tersedia dalam berbagai varian ukuran yakni 4 inci, 3 inci, 2,5 inci, 2 inci hingga 1,5 inci.

2. Engsel Jenis Sendok


Engsel untuk pintu berikutnya yang cukup lumrah dipakai pada pintu lemari maupun kotak tempat penyimpanan barang tertutup adalah engsel untuk pintu berjenis sendok. Engsel berjenis sendok terbagi ke dalam dua macam yaitu engsel untuk pintu bengkok yang dipakai di pintu dalam.
Penggunaan engsel berjenis sendok pintu bengkok dapat membuat permukaan lebih rata dengan sisi dinding lemari yang lebih tebal. Jenis lainnya adalah engsel jenis sendok lurus yang lebih lumrah digunakan pada pintu luar.

3. Engsel Jenis Panel

Engsel jenis panel adalah jenis engsel untuk pintu yang secara sekilas memiliki bentuk seperti engsel kupu-kupu tapi memiliki karakteristik lebih tebal dan kokoh. Oleh karena sifatnya yang lebih tebal dan kokoh dibandingkan engsel kupu-kupu, engsel jenis panel ini biasa dipakai di bingkai pintu yang terbuat dari kayu.
Selain untuk menopang bingkai pintu kayu, engsel jenis panel juga biasa digunakan untuk menopang bingkai jendela dengan beban yang berat. Engsel panel tersedia dalam berbagai varian ukuran yakni 6 inchi, 5 inchi, 4 inchi dan 3 inchi.

4. Engsel Jenis Patrom


Engsel pada pintu berjenis patrom hadir dalam bentuk serupa huruf H yang ideal untuk diaplikasikan pada pintu yang memiliki bobot ringan sehingga mudah untuk dilepas dan dipindahkan. Engsel berjenis patrom memiliki nama lain sebagai engsel cabut.
Engsel berjenis patrom biasa diaplikasikan pada pintu rumah minimalis yang mana pemilik rumah tersebut sudah berencana akan memperluas bangunan rumahnya di kemudian hari. Ada berbagai varian ukuran yang tersedia untuk engsel patrom yakni ukuran 140 x 60 mm, 110 x 55 mm dan 80 x 50 mm.

5. Engsel Jenis Koboi

Jika Anda ingin memiliki daun pintu yang dapat diayunkan secara penuh maka engsel jenis koboi adalah pilihan yang tepat. Menariknya, engsel jenis koboi ini bisa diatur sedemikian rupa agar pintu bisa menutup sesuai keinginan serta dapat disematkan di pintu dengan mudah.
Selain berfungsi sebagai poros mekanik, engsel jenis koboi juga sering digunakan sebagai elemen dekorasi interior rumah karena bentuknya yang unik. Harga engsel koboi bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga ratusan sesuai dengan varian ukuran. Engsel koboi yang disarankan terbuat dari material stainless steel.

6. Engsel Jenis Bubut


Apabila pintu dibuat dari material yang berbobot berat, maka engsel pintu yang tepat dipilih adalah engsel jenis bubut. Engsel berjenis bubut hadir dalam bentuk seperti tabung besi yang memiliki lubang di bagian tengahnya. Bentuk engsel bubut seperti silinder sebagai tempat penempatan inti putaran engsel.
Engsel berjenis bubut bisa dipasang pada pintu dari bahan kayu. Untuk memasangnya di pintu berbahan kayu, maka cukup gunakan plat yang memiliki lubang sekrup yang kemudian dikencangkan di kusen. Engsel bubut juga bisa dipasang di pintu besi namun harus menggunakan teknik las untuk pemasangan.

7. Engsel Piano

Jenis engsel piano sebagaimana namanya memang dahulu kala digunakan untuk daun penutup piano. Namun, seiring perkembangan zaman engsel berjenis piano ini dapat diaplikasikan pada daun lemari dan daun jendela. Engsel berjenis piano sangat praktis untuk digunakan.
Engsel berjenis piano tersedia dalam bentuk meteran atau gulungan. Engsel berjenis piano cocok dipilih untuk Anda yang sedang ingin berhemat. Hal tersebut dikarenakan engsel berjenis piano yang tersedia dalam bentuk meteran cukup dipotong saja sesuai ukuran pintu ataupun jendela rumah.

8. Engsel Berjenis Barel

Jenis engsel barel merupakan salah satu tipe engsel yang biasa digunakan sebagai engsel tersembunyi. Penggunaan engsel barel biasa ditujukan untuk aplikasi ringan meliputi engsel pintu pada lemari kecil. Engsel barel disambung dengan pin berporos yang memungkinkan pintu untuk membuka dan menutup.

9. Engsel Berjenis Pivot

Engsel dengan jenis pivot merupakan engsel poros yang biasa digunakan untuk aplikasi pintu overlay lemari. Satu saja titik engsel pivot memungkinkan engsel untuk membuka serta menutup.
Pada umumnya, engsel pivot dijual berpasangan dimana salah satu bagian dipasang di sisi bawah pintu sementara engsel sisi lainnya dipasang di sisi atas. 
Banyaknya jenis engsel pintu yang tersedia di pasaran mengharuskan Anda sebagai pemilik bangunan untuk dapat memilih jenis engsel yang tepat. Pastikan Anda membeli engsel dari distributor terpercaya yakni Kenari Djaja. Ada berbagai perlengkapan pintu dan juga jendela yang bermutu dan terjangkau.

 
Artikel Terbaru
Artikel Pilihan