Rekomendasi Model Gagang Pintu Minimalis Sekaligus Unik untuk Hunian | https://kenaridjaja.co.id

Rekomendasi Model Gagang Pintu Minimalis Sekaligus Unik untuk Hunian

28 Dec 2021

Rekomendasi model gagang pintu rumah minimalis

Tidak hanya tata ruang dan desain rumah saja yang bisa minimalis, namun desain gagang pintu minimalis pun kini sedang menjadi trend yang banyak dicari. Model minimalis pada gagang pintu lebih mengutamakan fungsi dan ergonomis dari gagang pintu tersebut dibandingkan lekukan dan hiasannya.
Pada umumnya gagang pintu model minimalis tersebut hadir dengan bentuk geometris yang simpel tanpa banyak lekukan rumit. Material pembuatan gagang pintu model minimalis sendiri cukup beragam, namun utamanya menggunakan material logam. 

Opsi Material Pembuatan Gagang Pintu Minimalis

Berikut empat jenis material yang paling banyak digunakan untuk membuat gagang pintu.

1. Tembaga

Bahan tembaga merupakan salah satu opsi material yang sangat direkomendasikan untuk pembuatan gagang pintu hunian minimalis. Sebagai salah satu material logam, tembaga ternyata memiliki beragam kelebihan berbeda yang lebih unggul dibandingkan material logam lainnya seperti besi.
Salah satu masalah utama pada gagang pintu hunian adalah gagang ini sesungguhnya merupakan tempat terbaik bagi tumbuh kembangnya bakteri. Hal ini dikarenakan banyak orang memegang gagang pintu dalam keadaan tangan masih kotor.
Ditambah lagi banyak orang sering terlupa untuk membersihkan gagang pintu. Hal ini menyebabkan gagang pintu menjadi surga bagi bakteri untuk berkembang biak. Oleh karena itu tembaga bisa menjadi opsi terbaik bagi gagang pintu mengingat tembaga punya kemampuan mensterilkan diri yang sangat baik.
Kelebihan lain material tembaga adalah memiliki sifat anti karat. Sifatnya yang anti karat ini berasal dari kemampuan tembaga untuk mensterilkan diri. Permukaan tembaga yang lebih cepat steril ini membuat reaksi karat sulit terjadi karena karat muncul akibat reaksi redoks logam dengan zat di sekitarnya.

2. Besi

Material besi juga menjadi salah satu bahan pilihan utama pembuatan gagang pintu hunian minimalis. Umumnya, material besi digunakan untuk membuat gagang pintu dengan bentuk vertikal panjang yang kokoh.
Rekomendasi desain gagang pintu dari material besi yang cocok untuk hunian minimalis adalah desain sederhana dan tidak memiliki banyak ukiran. Kekurangan material besi untuk gagang pintu utama rumah adalah mudah berkarat terutama jika ditempatkan di daerah yang lembab dan di luar rumah.
Bahan besi sangat mudah untuk teroksidasi sehingga menimbulkan karat. Perawatan intensif harus dilakukan untuk mencegah pengkaratan pada besi. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah melapisi gagang pintu dengan lapisan anti karat misalnya cat khusus untuk logam.

3. Perak

Menilik dari sifatnya, material perak memiliki kelebihan yang hampir sama dengan material tembaga dilihat dari segi kemampuannya mensterilkan permukaan material secara mandiri. Hal ini karena perak atau silver memiliki sifat antiseptic, antimikroba dan antiinflamasi.
Kekurangan penggunaan material perak untuk gagang pintu adalah harganya yang cukup mahal. Namun penggunaan material silver untuk gagang pintu akan membuat tampilan rumah lebih eksklusif karena permukaannya yang mengkilap.

4. Stainless Steel

Material stainless steel adalah opsi lainnya untuk pembuatan gagang pintu. Kelebihan material stainless steel adalah memiliki ketahanan terhadap cuaca yang sangat baik terutama terhadap ancaman risiko atau karat material.
Namun, kekurangan bahan stainless steel adalah sulit untuk dibentuk oleh karena itu model gagang pintu dari stainless steel yang banyak ditemukan di pasaran memiliki bentuk sederhana dan tanpa ukiran. Oleh karena itu desain gagang pintu yang minimalis dan sederhana sangat cocok memakai material ini.
Campuran besi di dalam material stainless steel mempengaruhi kemampuan material tersebut untuk mencegah timbulnya korosi.

Inspirasi Bentuk Gagang Pintu Minimalis

Model rumah minimalis lebih mengutamakan penggunaan desain-desain bangun geometris baik itu kotak, lingkaran dan juga bangun geometris lainnya. Berikut beberapa desain yang banyak digunakan.

1. Kombinasi Lingkaran  dan Pegangan Pintu

https://kenaridjaja.biz/wp-content/uploads/2018/08/lever-handle-bathroom-LV-300P-US15-front.jpg
Penggunaan desain bangun geometris dapat memberi kesan tegas dan jelas pada ruangan minimalis. Inspirasi model gagang pintu satu ini menggabungkan antara model lingkaran sebagai penghubung gagang dengan bingkai pintu. Sementara model gagangnya adalah lurus tanpa lekukan apapun.

2. Bentuk Siku-Siku Tegas Warna Putih

https://kenaridjaja.biz/wp-content/uploads/HRE_06_45_US26D.jpg
Bentuk gagang pintu yang cocok untuk hunian minimalis selanjutnya adalah siku-siku dengan warna putih yang sangat gelap. Hunian minimalis memang sangat mengutamakan peralatan termasuk aksesoris dengan bentuk geometris yang tegas.
Model gagang pintu ini bisa memunculkan kesan stand-out ke dalam hunian. Gagang pintu menggunakan sentuhan warna putih yang senada dengan warna pintu dan tembok di sekitarnya.
Mengingat hunian interior minimalis lebih banyak menggunakan warna terang dan netral seperti putih, krem dan lainnya.

3. Gagang Pintu Vertikal Panjang

https://kenaridjaja.biz/wp-content/uploads/2018/08/Handle-set-american-style-DHS-818S-us15-600x600.jpg
Salah satu inspirasi desain gagang pintu hunian minimalis saat ini adalah bentuk gagang yang vertikal memanjang. Penggunaan gagang pintu vertikal panjang dapat memunculkan kesan yang kokoh dan megah ke rumah yang sejatinya minimalis.
Model gagang pintu vertikal panjang ini lebih lumrah diaplikasikan pada pintu utama rumah karena menjadi aksesoris yang pertama dilihat tamu. Anda bebas memilih ukuran gagang pintunya. Bentuk gagang pintu yang biasa dipakai adalah gagang pintu long bar yang diinstal secara vertikal.

4. Gagang Pintu Berbentuk Lengkungan Huruf D

https://kenaridjaja.biz/wp-content/uploads/2018/08/Handle-set-american-style-DHS-800H-us15.jpg
Gaya gagang pintu saat ini cukup unik karena membentuk huruf D. Bentuk gagang pintu ini sangat klasik dan lebih banyak digunakan pada material kaca. Namun Anda juga bisa menerapkan model gagang pintu ini pada bagian depan rumah.
Model gagang pintu ini juga biasa digunakan untuk pintu berukuran besar yang cara membukanya dengan didorong.
Temukan berbagai gaya gagang pintu minimalis Anda di distributor terpercaya Kenari Djaja. Sebagai pelopor perusahaan perlengkapan pintu dan jendela, Anda bisa menemukan beragam produk berkualitas dengan desain terkini. Pilih desain gagang pintu yang paling cocok dengan model rumah Anda.


 
Artikel Terbaru
Artikel Pilihan