Jejak Sejarah Pintu Dan Inovasi Handle Dari Zaman Kuno Hingga Era Modern

03 Aug 2023
Pintu Coklat
Jejak Sejarah Pintu Dan Inovasi Handle Dari Zaman Kuno Hingga Era Modern

Pintu telah menjadi simbol penting dalam arsitektur dan kehidupan manusia sejak ribuan tahu  yang lalu. Sebagai bagian penting dari bangunan, pintu tidak hanya memberikan akses ke dalam dan luar ruangan, tetapi juga memberikan perasaan aman dan nyaman. Lantas, bagaimanakah sejarah pintu serta inovasi handle pintu dari zaman kuno hingga era modern?
 
Pintu di Masa Kuno
Pintu merupakan salah satu penemuan paling awal dalam sejarah manusia. Di masa kuno, pintu dibuat dari bahan-bahan alami seperti kayu, kulit hewan dan anyaman tumbuhan. Pintu kuno relatif sederhana, sering kali hanya berupa lembaran kayu yang digantung pada engsel kayu atau batu. Pintu-pintu ini dapat digulung atau dilipat untuk memberikan akses ke dalam bangunan.

Pada masa mesir kuno adalah salah satu peradaban yang menghargai keindahan seni pada pintu. Pintu-pintu bangunan monumental mereka dihiasi dengan ukiran dan lukisan, yang menceritakan kisah tentang mitologis dan keagamaan.

 
Pintu di Zaman Pertengahan dan Renaisans
Pada zaman pertengahan, seni arsitektur berkembang pesat, dan pintu menjadi lebih beragam bentuk yang megah serta berkesan mewah. Seperti gaya gothik yang menampilkan pintu-pintu dengan lengkungan indah dan beragam aksesoris yang unik dan classic. Sebagai contoh pintu katedral yang terkenal memiliki handle pintu yang diukir dengan detail seni yang tinggi.

Selama periode Renaisans, handle pintu menjadi lebih diperhatikan dan dihiasi dengan onamen serta aksesoris yang cukup beragam. Penggunaan logam seperti perunggu dan besi cor untuk handle pintu menjadi lebih umum, sering kali diukir dengan motif bunga, daun dan juga figur manusia.

 
Revolusi Industri dan Inovasi Handle Pintu
Pada abad ke 18 dan ke 19, revolusi industri membawa perubahan besar dalam cara pembuatan pintu dan handle pintu. Penggunaan mesin dan teknologi mulai digunakan untuk memproduksi handle pintu secara massal dengan berbagai macam material dan biaya yang lebih rendah. Handle pintu menjadi lebih terjangkau dan lebih mudah diakses oleh masyarakat.

Selain itu, inovasi teknologi juga mempengaruhi desain handle pintu. Bentuk handle pintu mulai bervariasi seperti lever handle, pull handle, knob handle dan juga flush handle. Penggunaan material seperti logam dan baja dalam memproduksi handle pintu juga memberikan ketahanan yang lebih baik, sehingga masyarakat memiliki banyak pilihan dalam melengkapi bangunan untuk rumahnya.

 
Handle Pintu Modern dan Desain Terkini             
Selanjutnya pada abad ke 20, desain handle pintu semakin mencerminkan gaya modern dan minimalis. Handle pintu dengan bentuk yang simple dan stylist menjadi populer dalam desain interior kontemporer. Material seperti stainless steel dan alumunium mulai digunakan pada masa ini yang memberikan sentuhan modern pada handle pintu.

Selain itu, handle pintu pintar atau biasa disebut smart door lock, menjadi trend terkini dalam teknologi pintu. Smart Door Lock dilengkapi dengan sensor dan mekanisme yang memungkinkan pintu dibuka dan ditutup secara otomatis. Lebih lanjut, smart door lock dilengkapi juga dengan sistem kunci pintar yang memungkinkan akses ke dalam rumah menggunakan smartphone atau kode kunci.

 
Pilihan Ragam Handle Pintu Tersedia di Kenari Djaja
Pintu dan handle pintu telah mengalami perkembangan yang menarik selama ribuan tahun terakhir. Dari pintu sederhana di masa kuno hingga pintu modern yang canggih dengan handle pintar. Inovasi dalam teknologi dan seni yang telah membentuk desain pintu dan handle pintu menjadi lebih estetik, fungsional dan aman. Semakin majunya teknologi, semakin menarik pula untuk menyaksikan apa yang akan menjadi masa depan pintu dan handle pintu serta bagaimana akan terus beradaptasi dengan kebutuhan dan selera masyarakat.

Memilih bentuk dan juga model handle pintu yang akan dipasang pada bagian pintunya tersebut memang menjadi bagian yang penting bagi masyarakat. Pemilihannya sendiri bisa diselaraskan dengan tema ruangan ataupun pintu yang dihadirkan di dalam pembangunan properti.

Untuk memenuhi kebutuhan pintu dan handle pintu tersebut, masyarakat bisa mengunjungi website ataupun store Kenari Djaja. Kenari Djaja merupakan pusat perlengkapan kunci pintu dan jendela terlengkap di Indonesia di mana mampu hadirkan beragam pilihan, bentuk, hingga model aksesoris pintu ataupun jendela yang bisa menyesuaikan kebutuhan masyarakat.

Selain beragam pilihan model yang pas, harga yang ditawarkan juga pas dimana ditambahkan dengan promo-promo menarik yang pastinya cocok untuk kebutuhan partisi pintu maupun jendela pada sudut ruangan para penghuninya.

Download Aplikasi Kenari Djaja di Google Play Store & iOS.
Dapatkan Voucher 30% tanpa minimum pembelian.
More Info by Whatsapp

Apapun kebutuhan pintu rumah Anda,
We KEND Handle it!
Artikel Terbaru
Artikel Pilihan