Cara Evakuasi di Dalam Gedung Pada Saat Terjadi Bencana Alam (Panic Exit) | Cara Evakuasi di Dalam Gedung Pada Saat Terjadi Bencana Alam (Panic Exit)

Cara Evakuasi di Dalam Gedung Pada Saat Terjadi Bencana Alam (Panic Exit)

12 May 2023
Evakuasi di Dalam Gedung
Cara Evakuasi di Dalam Gedung Pada Saat Terjadi Bencana Alam (Panic Exit)

 
Sebuah gedung di desain untuk beragam mobilitas banyak orang di dalam satu tempatnya tersebut. Seiring akan hal tersebut, gedung-gedung yang dibangun juga pastinya tidak dalam ukuran yang kecil. Gedung sendiri memiliki ukuran yang cukup besar di mana sesuai dengan fungsi pembangunan dari bangunannya tersebut.

Namun, bagaimana jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran ataupun gempa bumi terjadi? Untuk itu, langkah evakuasi bagi para penghuni gedungnya jadi bagian penting yang perlu diketahui lebih lanjut oleh masyarakatnya.

 

 
Cara Evakuasi Gedung Ketika Terjadi Gempa Bumi
Indonesia merupakan salah satu negara yang rentan terhadap bencana gempa bumi. Untuk hal itu, tentu bangunan-bangunan yang dibangun di Indonesia dirancang agar bisa menahan gempa yang ada. Selain dari sisi bangunannya yang dirancang agar tahan gempa, proses skema evakuasi bagi para penghuni gedung juga diperlukan.

Hal ini menjaid penting guna memberikan rasa keamanan apabila sedang terjadi gempa. Untuk itu, berikut adalah cara-cara untuk evakuasi gedung saat terjadi gempa bumi:
  1. Melindungi Kepala dengan tangan, tas atau benda yang ringan lainnya, sembunyi/berlindung di bawah meja yang kuat, dan di pojok kolom bangunan (segitiga kehidupan), menjauh dari kaca.
  2. Setelah gempa berhenti, segera bangun tetap melindungi kepala, dan evakuasi diri keluar melalui jalur evakuasi yang telah disepakati menuju titik kumpul dengan memprioritaskan kelompok rentan atau yang luka.
  3. Setelah di titik kumpul tetap melindungi kepala dan jongkok, jauhi bangunan tinggi, tiang listrik dan pohon besar.
  4. Koordinator ruangan melakukan pengecekan terhadap para pegawai yang ada di titik kumpul dan segera melapor ke koordinator pencarian, penyelamatan dan evakuasi.
     

 
Cara Evakuasi Gedung Ketika Terjadi Kebakaran
Senada dengan gempa bumi, terjadinya bencana kebakaran pada sebuah gedung juga bisa terjadi kapan saja dan ini bisa cukup membahayakan bagi para penghuni gedungnya. Lebih lanjut, berikut adalah evakuasi gedung ketika terjadi kebakaran yang perlu diketahui oleh para penghuninya:
  1. Tetap tenang dan jangan panik.
  2. Segera menuju tangga darurat yang terdekat dengan berjalan biasa dengan cepat namun tidak berlari.
  3. Lepaskan sepatu hak tinggi karena menyulitkan dalam langkah kaki.
  4. Janganlah membawa barang yang lebih besar dari tas kantor/tas tangan.
  5. Beritahu orang lain / tamu yang masih berada di dalam ruangan lain untuk segera melakukan evakuasi.
  6. Bila pandangan tertutup asap, berjalanlah dengan merayap pada tembok atau pegangan pada tangga, atur pernafasan pendek-pendek.
  7. Jangan berbalik arah karena akan bertabrakan dengan orang-orang di belakang anda dan menghambat evakuasi.
  8. Segeralah menuju titik kumpul yang ada di tempat tersebut untuk menunggu instruksi berikutnya.
     
Panic Exit Bar
 
Kemudahan Akses Pintu Darurat Dengan Panic Exit
Dalam hal mengevakuasi para penghuni gedung, sebuah pintu darurat memang memainkan peranan yang penting untuk mempercepat dan juga kemudahan saat evakuasi. Sejalan akan hal tersebut, pada sebuah pintu darurat juga terdapat salah satu bagian yang membuat fungsi dari pintu daruratnya menjadi lebih efektif saat digunakan. 

Komponen tersebut adalah sebuah partisi Panic Exit. Jenis partisi pintu ini bukanlah seperti partisi-partisi pintu pada umumnya. Hal itu dikarenakan untuk operasional partisinya ini cukup didorong saja untuk membuka pintunya tersebut. Tentunya dengan sistem operasionalnya tersebut, hal ini bisa memudahkan serta mempercepat proses evakuasi yang ada.

Lebih lanjut, sekarang Anda bisa mendapatkan partisi Panic Exit untuk kebutuhan pintu darurat di bangunan Anda dengan produk KEND by Kenari Djaja. Dengan material alumunium yang kuat dan berkualitas, partisi pintunya ini sangat cocok untuk mobilitas evakuasi darurat yang cepat. 

Menariknya selama di bulan Mei ini, Anda bisa mendapatkan diskon menarik hingga 50% untuk produk Panic Exit type PNC 877003 lewat promo Mei Meriah! Dan tidak hanya Panic Exit saja yang bisa Anda dapatkan, promo Mei Meriah juga berlaku untuk beberapa produk partisi lainnya seperti Lever Handle, Pull Handle, dan yang lainnya. 
More Info

Tunggu apalagi? Segera kunjungi store Kenari Djaja terdekat dan dapatkan promo Mei Meriah ini selama di bulan Mei 2023 sekarang juga!

Download Aplikasi Kenari Djaja di Google Play Store & iOS.
Dapatkan Voucher 30% tanpa minimum pembelian.
More Info by Whatsapp


Kunci Aman, Keluarga Nyaman
Ingat Kunci, Ingat Kenari Djaja

 
Artikel Terbaru
Artikel Pilihan