Pintu Dorong vs Pintu Geser, Ketahui Plus Minusnya Untuk Hunianmu | Pintu Dorong vs Pintu Geser, Ketahui Plus Minusnya Untuk Hunianmu

Pintu Dorong vs Pintu Geser, Ketahui Plus Minusnya Untuk Hunianmu

05 May 2023
Pintu Geser, Pintu dorong
Pintu Dorong vs Pintu Geser, Ketahui Plus Minusnya Untuk Hunianmu

Pintu merupakan salah satu komponen yang tidak dapat terpisahkan di dalam sebuah bangunannya. Bagian ini memang menjadi penting, mengingat selalu digunakan untuk mobilitas aktivitas keseharian para penghuni di dalamnnya. Lebih lanjut seiring perkembangan zaman, pintu juga mengalami perubahan yang diperlukan guna menjawab kebutuhan masyarakat dalam huniannya. Seperti awalnya kemunculan dari pintu geser, kini pintu dorong juga jadi pilihan yang tidak sedikit untuk disematkan dalam bangunannya itu. Lantas, apa saja sisi kelebihan dan kekurangan pada setiap masing-masing jenis pintunya itu? Mari kita simak informasinya berikut ini!
Pintu Geser Kayu
Pintu Geser, Pintu Yang Eksis Sejak Abad ke-1
Untuk jenis pintu yang pertama, Anda bisa memilih jenis pintu geser yang cocok untuk dapat diaplikasikan di sudut rumah Anda. Pintu ini memang memiliki daya tarik tersendiri di mana mampu hadirkan sisi fleksibilitas dan juga kemudahan saat dibuka maupun ditutup. Perlu diketahui bahwa jenis pintu geser sendiri telah ada sejak beratus-ratus tahun yang lalu. Tepatnya pada awal abad pertama Masehi, orang-orang Romawi sudah menerapkan jenis tipe pintu ini di dalam rumah mereka. Pada zaman itu, mekanisme dari pintu geser sendiri tidak terlalu rumit. Hanya sebuah batu yang disusun secara berjejer dan ditengahnya dibuatkan garis sejajar agar papan ataupun kayunya bisa digeser.

Dan seiring berjalannya waktu, mekanisme dari pintu geser telah berkembang. Hingga saat ini, terdapat dua mekanisme dari cara kerja pintu yang telah ada sebak berabad yang lalu. Kedua mekanisme itu adalah dengan menggunakan motor listrik atau elektrik dan secara manual lewat alat bantu yang dikenal dengan nama takel atau chains blockUntuk pengaplikasiannya, pintu geser tidak hanya digunakan untuk kebutuhan di dalam rumah saja. Biasanya, pintu-pintu dengan ukuran besar di dalam bangunan industri akan menggunakan jenis pintu ini. Salah satu yang mungkin Anda sering lihat adalah seperti pada di pintu gudang pabrik.

Lever Handle Pada pintu putih
Pintu Dorong, Jenis Pintu Alternatif Yang Modern
Selain kehadiran dari pintu geser, pintu dorong juga hadir sebagai salah satu transformasi jenis pintu yang menarik untuk dipilih bagi para penghuninya. Jenis pintu yang bisa jadi pilihannya tersebut adalah jenis pintu dorong. Pintu dorong memang menjadi salah satu jenis pintu yang terbilang cukup lazim untuk dijumpai oleh masyarakat secara umum. Pintu ini juga bahkan menjadi salah satu jenis pintu yang biasanya dipilih sebagai model pintu dasar bagi setiap ruangan yang ada.

Pemilihan pintu dorong sendiri tidak hanya dihadirkan dari segi kemudahan dalam penggunaan pintunya. Pintu jenis ini juga mampu diaplikasikan ke berbagai jenis tema desain interior yang ada, sehingga cukup cocok untuk setiap bangunannya. Tentunya dalam hal ini, jenis pintu dorong mampu hadirkan sisi fleksibilitas yang dapat dimodifikasi untuk bentuk ukuran, maupun desain yang dapat diplikasikan bagi sudut ruangannya.


Kelebihan dan Kekurangan Yang Dimilikinya
Perlu diketahui bahwa kedua pintu ini memang memiliki keunggulan yang berada pada jenisnya. Masing-masing tentu mempunyai kelebihan maupun kekurangan yang bisa dirasakan secara langsung oleh para penghuninya. Seperti contohnya pada jenis pintu geser, kelebihan-kelebihan yang ada di dalam pintu ini adalah sebagai berikut:
  • Hemat ruang.
  • Tampilannya estetik.
  • Pemakaiannya lebih efisien.
Lebih lanjut untuk jenis pintu dorong, kelebihan-kelebihan yang dimilikinya juga tidak kalah menarik untuk diketahui bagi para penghuninya. Kelebihan yang dimiliki dari jenis pintu ini yaitu:
  • Lebih hemat biaya.
  • Pemasangannya yang mudah.
  • Lebih aman untuk keadaan darurat.
Selain memiliki kelebihan, kedua pintu ini juga memiliki kekurangan yang ada pada tiap modelnya tersebut. Untuk itu, kekurangan yang ada pada setiap jenis pintunya ini adalah:
  • Pintu Dorong: Membutuhkan lebih banyak ruang.
  • Pintu Geser: Tidak ramah terhadap keadaan darurat.
Tentunya, untuk pintu dorong dan juga pintu geser memiliki kelebihan maupun kekurangan yang bisa diketahui lebih lanjut oleh para penghuninya agar bisa disematkan pada sudut ruangannya yang pas tersebut.

KEND by Kenari Djaja Hadirkan Handle Pintu Berkualitas
Baik pintu dorong dan juga pintu geser, sebuah handle pintu juga menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan di dalam komponen pintu yang ada itu. Handle pintu disini pastinya bisa diesuaikan dengan kebutuhan maupun jenis model yang ingin dipasangkan dengan kedua model pintu yang sesuai bagi konsep desain interiornya.

Sejalan akan hal tersebut, KEND by Kenari Djaja juga turut hadirkan pilihan handle pintu berkualitas terbaik yang bisa disematkan pada jenis pintu dorong maupun pintu geser yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhannya.

Seperti contohnya untuk jenis pintu dorong, Anda bisa menyematkan jenis handle dari KEND by Kenari Djaja seperti lever handle atau pull handle yang mudah untuk digunakan dan lebih luat. Sementara untuk pintu geser, Anda bisa menggunakan handle dengan jenis fluss handle yang didesain untuk kemudahan mobilitas pintu para penggunanya.

Jenis-jenis handle pintu yang ditawarkan oleh KEND by Kenari Djaja ini bisa Anda langsung kunjungi showroom kami yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. Selain itu, Anda juga dapat menghubungi WhatsApp dari Customer Service Kenari Djaja yang siap membantu selama 24 jam dan menjawab kebutuhan produk partisi pintu yang Anda inginkan.

Download Aplikasi Kenari Djaja di Google Play Store & iOS.
Dapatkan Voucher 30% tanpa minimum pembelian.
More Info by Whatsapp

Kunci Aman, Keluarga Nyaman
Ingat Kunci, Ingat Kenari Djaja
Artikel Terbaru
Artikel Pilihan